PRISMA
Vol 8, No 2 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 2 tahun 2019

TEKNIK PROBING-PROMTING SCAFFOLDING PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Rizki Nuraini Fatimah (Universitas Islam Negeri Bandung)
Rahayu Kariadinata (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Wati Susilawati (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Asep Jihad (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Indri Nur Fauziah (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Leili Solihatunnisa (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Niki Rosalia (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Noviani Sa'adah (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Hamda Sugilar (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tingkat pemecahan masalah siswa dengan menggunakan teknik Probing-Prompting Scaffolding. Analisis ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen. Dimana, metode eksperimen semu untuk mempelajari hubungan antara konsultasi dengan aspek tertentu yang telah disetujui. Perlakuan diberikan kepada beberapa sampel yang diambil dari peserta. Sampel ini terdiri dari siswa dalam satu kelas, jadi penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu dengan instrumen tes dan instrumen non-tes. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan tingkat dan penyelesaian masalah matematis antara kelas, dari uraian yang paling baik yaitu kelas Proding-Prompting, perancah konvensional dan Probing-Prompting . Kesulitan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara membantu soal latihan non-rutin. Pembelajaran Probing-Prompting Scaffolding , siswa mampu melakukan penemuan baru, memfasilitasi sosial, serta melakukan refleksi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...