Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 1, No 1: Semester Ganjil 2012/2013

Peranan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Batu Dalam Kegiatan Promosi Pariwisata Kota Batu

Moses Yonathan (Unknown)
Misbahuddin Azzuhri, SE, MM (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bauran promosi yang efektif dalam melakukan kegiatan pemasaran pariwisata di kota Batu. Penelitian ini menjelaskan bauran promosi yaitu Advertising, Sales Promotion, Public Relations & Publicity, Direct Marketing, Personal Selling, Word of Mouth Marketing, Events/ Experiences yang paling efektif dalam melakukan kegiatan pemasaran pariwisata kota Batu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan  kualitatif. Untuk memperoleh data menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis pengecekan yang digunakan dalam menguji instrumen penelitian adalah pengecekan keabsahan temuan, pengecekan kredibilitas, pengecekan transferabilitas, pengecekan dependenbilitas, dan pengecekan konfirmabilitas. Dari hasil analisis terlihat bahwa bauran promosi yang efektif dalam kegiatan pemasaran pariwisata kota Batu yaitu word of mouth marketing dan urutan selanjutnya adalah periklanan, public relation & publicity, events, dan promosi penjualan. Kata kunci: Efektivitas, Pemasaran, Bauran Promosi, Pariwisata, Kota Batu.

Copyrights © 2012