Manajemen kelas merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar denganmanajemen kelas yang tepat dan benar siswa akan merasa nyaman dan senang saat menerima materipembelajaran sehingga hasil belajar pun diharapkan akan lebih baik dengan manajemen yang tepat,oleh karena itu seorang pendidik diharapkan dapat menguasai manajemen kelas dengan baik. Tujuandilakukan penelitian ini adalah guna menganalisis pengaruh manajemen kelas dengan hasil belajarpeserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian meta-analisis.Sedangkan teknik dalam pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa artikel yangterdapat pada google scholar. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisispembanding. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengaruh manajemen kelas terhadap hasilbelajar siswa di Sekolah Dasar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan tingkatpersentase 77.8%. Hasil penelitian dari artikel yang dianalisis memiliki pengaruh positif, sedangkan22.2 % hasil penelitian yang dianalisis menyatakan tidak ada pengaruh karena ada factor lain yangmempengaruhi hasil belajar peserta didik tidak dari manajemen kelas yang diterapkan pendidik.Rekomendasi penelitian ini adalah 1) hendaknya guru menguasai manajemen kelas yang tepat, baikdan sesuai dengan peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar, 2)bagi peneliti lain, hendaknya ada penelitian lanjutan yang terkait dengan hasil penelitian ini sehinggabisa digunakan sebagai dasar penelitian lanjut.
Copyrights © 2020