Pengembangan media berbasis android sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah menengah pertama dilatarbelakangi oleh masih kurangnya media pembelajaran yang menyenangkan khususnya dalam bidang matematika yang mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan Macromedia Flash Professional, Corel Draw x4 dan Microsoft power point . Ketiga aplikasi ini yang digunakan untuk mengolah tampilan menu yang akan dimasukkan ke dalam media pembelajaran. Media ini diharapkan mampu memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi bangun datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Alessi dan Trolip. Adapun langkah-angkah pengembangannya yaitu: perencanaan, desain, dan pengembangan. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 9 Sinjai. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan sebayak dua kali yaitu uji coba skala kecil yang melibatkan 3 orang siswa kelas VII SMP Negeri 9 Sinjai dan uji coba skala besar yang melibatkan seluruh siswa pada kelas kelas VII SMP Negeri 9 Sinjai. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dibuat dinilai layak digunakan dalam pembelajaran matematika dengan standar kelayakan lebih besar dari 70%.
Copyrights © 2020