Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran C-Math berbasis macromedia flash pada pokok bahasan lingkaran serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran matematika yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research & development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four D Models). Adapun tahapannya meliputi: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) diseminasi (disseminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Gowa yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi oleh validator, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kevalidan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,96 yang berada pada kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis kepraktisan diperoleh persentase angket sebesar 90,01% yang berada pada kategori “sangat layak”. Kemudian hasil analisis kepraktisan diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran C-Math berbasis macromedia flash pada pokok bahasan lingkaran dapat dikatakan layak menjadi salah satu media pembelajaran pada proses pembelajaran matematika.
Copyrights © 2020