Jurnal Real Riset
Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020

PERBANDINGAN STUDI PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA GURU YANG BELUM SERTIFIKASI DAN GURU YANG SUDAH SERTIFIKASI

Rozaili Rozaili (Universitas Jabal Ghafur)
Anwar Anwar (Universitas Jabal Ghafur)
Zahara Fonna (universitas jabal ghafur)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaanpembelajaran oleh guru yang sudah mengikuti program sertifikasi dan yang belum di SMA N 1 Geumpang? Bagaimana perbedaan kinerja guru yang sudah sertifikasi guru yang belum bersertifikasi di SMA N 1 Geumpang? Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bahwa kinerja guru yang sudah sertifikasi lebih baik daripada kinerja guru yang belum bersertifikasi. Jenis Penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian Kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA N.1 Geumpang. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling menghasilkan 40 respoden, yaitu 20 responden adalah guru yang sudah sertifikasi dan 20 respoden adalah guru yang belumserifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observsi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian terdiri atas penyajian data dan reduksi data antara guru yang sudah sertifikasi dengan guru yang belum sertifikasi untuk menguji hipotesis yang diajukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kinerja guru sertifikasi dan yang belum sertifikasi, dankinerja guru yang sudah sertifikasi lebih baik daripada kinerja guru yang belum sertifikasi. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan yang pertama agar guru yang sudah sertifikais dan guru yang belum sertifikasi agar terus mengembangkan kompetensinya, baik, pedagogik, sosial, kepribadian, dan professional, yang kedua agar guru bersertifikat pendidik terus memperbaiki kompetensinya, yang ketiga agar dinas pendidikan untuk lebih melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi guru-guru terutama dalam aspek pedagogik maupun bidang studi, dan yang terakhir adalah peneliti lain diharapkan dapat menindaklanjuti dan mengembangkan hasil penelitian yang telah dicapai, sehingga wawasan dan ilmu pengetahuan semakin berkembang luas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...