Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 2, No 1: Semester Ganjil 2013/2014

SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN GAYA HIDUP SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PAKAIAN MELALUI GROUP BLACKBERRY MESSENGER (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG)

Dewi Purwaningtyas (Unknown)
Mintarti Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan segmentasi pasar berdasarkan gaya hidup yang terdiri dari tiga variabel, yaitu: (1)  Activity,  (2) Interest,  (3) Opinion dan untuk mengembangkan strategi pemasaran berdasarkan segmentasi pasar pembeli pakaian melalui  Group BlackBerry Messenger. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskripsi kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 45 orang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik  accidental sampling.  Untuk menguji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menganalisis data digunakan analisis  cluster. Dari hasil analisis berdasarkan kemiripan karakteristik dan gaya hidup dari responden maka terbentuk 3 segmen. Segmen 1 preferensi belanja yang dilakukan melalui  BlackBerry Messenger  adalah moderat, Segmen 2 preferensi belanja yang dilakukan melalui BlackBerry Messenger adalah tinggi dan Segmen 3 preferensi belanja yang dilakukan melalui BlackBerry Messenger adalah rendah. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada masing – masing segmen adalah segmen 1 perlunya promosi, baik dari iklan dan harga, pentingnya memberikan keterangan mengenai produk yang di tawarkan, dan membangun reputasi positif. Untuk segmen 2, melakukan promosi dengan mengajak bergabung dengan group BlackBerry Messenger yang sudah ada, menambahkan variasi produk karena sifat konsumen yang konsumtif. Segmen 3 menciptakan Word Of Mouth, memberikan promosi potongan harga, mengedepankan kualitas, tidak memberikan variasi produk terlalu banyak agar konsumen fokus pada 1 jenis produk. Kata kunci : Segmentasi Pasar, Gaya Hidup, Group BlackBerry Messenger

Copyrights © 2013