Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 2, No 1: Semester Ganjil 2013/2014

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN (Studi Kasus UKM Pada “Kebab Ger-Burger” Di Kota Bangkalan”)

Taufiqur Rachman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan (kondisi internal), serta peluang dan ancaman (kondisi eksternal) terhadap pengembangan usaha Kebab Ger-Berger, dan memformulasikan langkah yang tepat untuk pengembangan usaha dalam rangka peningkatan pendapatan Kebab Ger-Berger di Bangkalan. Dalam studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif analisis SWOT. Jumlah responden ada 4 orang yaitu pemilik usaha Kebab Ger-Berger di Bangkalan dengan menggunakan metode sensus. Faktor kekuatan dan faktor peluang berpengaruh besar dan menyeluruh terhadap perkembangan usaha ini. Faktor kelemahan dan faktor ancaman tidak berpengaruh secara menyeluruh terhadap perkembangan usaha ini. Matrik kuadran SWOT berada di titik koordinat I yaitu 1,12 : 0,48 yang artinya langkah yang harus dilakukan menggunakan Growth Oriented Strategy. Oleh karena itu, langkah strategis perusahaan adalah menambah permodalan, penentuan lokasi yang strategis, menjalin kerjasama dengan UKM lainnya, menambah varian produk kebab, dan mengikuti acara seminar pelatihan wirausaha. Kata kunci : Faktor internal, faktor eksternal, pengembangan usaha.

Copyrights © 2013