Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 3 No. 1 (2021): JPDK

Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Suci Silvia (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Putri Hana Pebriana (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Sumianto Sumianto (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 012 Bengkong Batam. Salah satu solusi utuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode silaba. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I pada tema Keluargaku dengan menggunakan metode silaba. Metode peelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yanng dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada 20 November 2019- 28 November 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas I yaitu berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa dengan tema Keluarhalu pada siklus I tergolong kurang efektif dengan presentase ketuntasan siswa 65% dengan nilai rata-rata 72,13. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sangat baik yakni ketuntasan siswa 92,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode silaba dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 012 Bengkong.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...