Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 3 No. 1 (2021): JPDK

Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar

Susfa Welli Kuntala (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Amir Luthfi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Sumianto Sumianto (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerja sama siswa sama belajar berkelompok pada tema pahlawanku di kelas IV SD Negeri 007 Pulau Lawas. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap kemampuan kerja sama siswa SD Negeri 007 Pulau Lawas. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain digunakan adalah non-equivalent control group desiain. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran think talk write (TTW). dan 20 siswa di kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konversional. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumenlembar observasi kemampuan kerja sama siswa. Analisis data menggunakan uji t menggunakan program SPSS for windows version17.0. Dilihat pada hasil uji t setelah diberikan prilakuan kemampuan kerja sama di kelas eksperimen dan kontrol dilihat pada kolom t-test for equality of mean dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,040 < 0,05 maka dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signitifikan kemampuan kerja sama dengan menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...