PT. Java Festival Production (JFP) adalah salah satu promotor musik di Indonesia yang masih tetap bertahan eksistensinya. Salah satu event musik bergengsi yang menjadi ciri khasnya adalah Java Jazz Festival, yang sudah diselenggarakan sejak 2005 dan masih bertahan hingga kini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen event PT. Java Festival Production dalam mempertahankan penyelenggaraan event Java Jazz Festival di Indonesia. Landasan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah event management process Joe Goldblatt. Menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen event dalam penyelenggaraan Java Jazz Festival dilakukan pada tahap (1) praevent, yaitu dengan melakukan riset, desain, dan perencanaan; (2) main event, dengan melakukan koordinasi; (3) pascaevent, dengan menyelesaikan report dari setiap divisi setelah acara selesai.Kata Kunci: manajemen event, special event, Java Jazz ABSTRACTPT. Java Festival Production (JFP) is one of the promoters of music in Indonesia that still exists today. One of the prestigious music events that characterizes it is the Java Jazz Festival, which has been held since 2005 and is still held today. This study aims to determine and analyze event management of PT. Java Festival Production in maintaining the implementation of Java Jazz Festival event in Indonesia. The conceptual foundation used in this study is Joe Goldblatt’s event management. Using the constructivism paradigm, the approach used is a qualitative descriptive approach with a case study method. Data collection techniques using observation, interviews and literature studies. The results showed that the application of event management in implementation of the Java Jazz Festival was carried out at (1) preevent stage, namely by conducting research, design, and planning; (2) main events stage, by coordinating; (3) postevent stage, by completing reports from each division after the event is over.Keywords: event management, special event, Java Jazz
Copyrights © 2019