Jambura Journal of Mathematics
Vol 2, No 1: Januari 2020

Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik

Nosva Adam Yunus (Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo)
Evi Hulukati (Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo)
Ismail Djakaria (Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain Faktorial  menggunakan uji analisis dua jalur dan uji Tukey. Metode pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan penalaran dan Group Embedded Figures Test (GEFT). Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran kontekstual subjek bergaya kognitif Field Independent menguasi lebih tiga dari empat indikator pemampuan penalaran matematis dengan nilai . Sementara pada pembelajaran langsung, subjek bergaya kognitif Field Independent hanya menguasi kurang tiga dari empat indikator kemampuan penalaran matematis dengan nilai nilai . Dengan demikian, terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran peserta didik yang mempunyai gaya kognitif Field Independent.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jjom

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jambura Journal of Mathematics (JJoM) is a peer-reviewed journal published by Department of Mathematics, State University of Gorontalo. This journal is available in print and online and highly respects the publication ethic and avoids any type of plagiarism. JJoM is intended as a communication forum ...