Informatics and Digital Expert (INDEX)
Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020

Tinjauan Mengenai Potensi Information Technology Infrastructure Library (ITIL) pada Model Layanan Teknologi Informasi di Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM)

Asep Id Hadiana (Teknik Informatika, Unv. Jendral Achmad Yani)
Eddie Krishna Putra (Teknik Informatika, Unv. Jendral Achmad Yani)
Melina Melina (Teknik Informatika, Unv. Jendral Achmad Yani)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini melakukan tinjauan pustaka mengenai masalah yang dihadapi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) ketika mencoba memastikan keselarasannya dengan pedoman Information Technology Infrastructure Library (ITIL). Telah diketahui bahwa UMKM mengalami tantangan yang berbeda dengan yang dialami oleh perusahaan besar, namun tuntutan mereka sama dengan perusahaan besar. Mengingat bahwa mereka memiliki lebih sedikit tenaga kerja dan sumber daya teknologi, mereka harus mengoptimalkan tingkat layanan mereka dan menyesuaikan aktivitas departemen TI mereka dengan kebutuhan perusahaan tanpa berdampak negatif pada komitmen layanan. Dari berbagai literature yang ada, terlihat bahwa ITIL tidak hanya dapat digunakan pada perusahaan besar, namun memiliki potensi untuk berkembang dan diadopsi untuk UMKM. Meskipun pada awalnya diharapkan ada cukup informasi berkenaan dengan bagaimana ITIL berfungsi untuk UMKM, pada kenyataannya adalah tidak banyak publikasi yang relevan yang berhubungan dengan bagaimana ITIL dapat dimanfaatkan pada UMKM. ITIL adalah salah satu kerangka Tata Kelola TI yang menyediakan pendekatan sistematis untuk tata kelola TI. Mengacu pada penelitian ini, penelitian ini didasarkan pada data sekunder. Studi ini difokuskan untuk memahami kerangka kerja ITIL dalam kaitannya dengan tata Kelola TI pada UMKM.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

informatics

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

INDEX merupakan Jurnal Informatika yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang: Application E-Healthcare, E-Learning, E-Manufacturing, E-Commerce, E-Bussiness, E-Procurment E-Goverment, E-Governance Intellegent System Sistem Pakar Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Genetika Robotika Sistem ...