JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 1 No 2 (2020)

Pelatihan Perancangan Pembelajaran Berbasis Computational Thinking untuk Guru Sekolah Dasar

Ence Surahman (Unknown)
Saida Ulfa (Unknown)
Sulthoni (Unknown)
Sumaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para guru tentang computational thinking untuk pembelajaran di sekolah dasar. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada Kamis, 13 Agustus 2020 bertempat di SDN Penggungan Kota Malang Jawa Timur. Metode pelatihan menggunakan perpaduan antara tatap muka dan online. Untuk mengoptimalkan pencapaian materi, para peserta diberikan bahan ajar pelatihan berupa handout materi, kuis online dan tanya jawab. Pengukuran ketercapaian tujuan pelatihan dilakukan dengan menggunakan pre test dan post test, kuisioner pelatihan dan observasi selama kegiatan. Secara umum respon peserta kategori baik, peserta mengaku materi Computational thinking merupakan istilah yang baru mereka dapatkan. Para peserta mengaku tertarik untuk mengimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengukuran pre test dan pos test terjadi peningkatan cukup signifikan, skor pre test sebesar 35,33 sedangkan skor post test sebesar 58,33. Dapat disimpulkan para peserta dapat memahami materi yang pelatihan dan tertarik untuk mengimplementasikannya dalam pembelajaran di kelas

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurpikat

Publisher

Subject

Dentistry Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

JURPIKAT Publication (Journal of Community Service) is a source of information that aims to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service. JURPIKAT (Journal of Community Service) specifically focuses on the main problems in ...