Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Prodi Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat

Siti Rosmayati (Unknown)
Arman Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana manajemen kurikulum dan sistem penilaian di prodi Sastra dan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Manajemen kurikulum merupakan salah satu keberhasilan dalam sistem penilaian tersebut meliputi peserta didik, tenaga pengajar yaitu dosen serta tenaga akademik lainnya yaitu yang berkaitan dengan kurikulum dan pemberian hasil standar kelulusan bagi peserta didik yang disini adalah mahasiswa untuk melanjutkan jenjangnya yaitu meraih setiap semesternya hingga kelulusannya untuk mendapatkan gelar S.Pd atau S.S dimana Prodi Sastra dan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung memiliki dua jalur akademik yaitu pendidikan dan nonpendidikan. Mengacu kepada latar belakang penelitian di atas, maka metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan salah satu cara yang diambil adalah  studi kepustakaan; artinya semua data yang dijadikan sebagai sumber informasi penelitian diperoleh dari data sekunder. Adapun hasil dari penelitian tersebut diperoleh beberapa temuan penelitian, di antaranya: 1) interpretasi hasil kurikulum dimana hal ini merupakan hasil penyempurnaan nilai perbaikan dan penyempurnaan kurikulum, 2) interpretasi hasil uji coba dimana dapat dilihat keefektifan dari kurikulum yang dipergunakan 3) sosok kurikulum yang efektif untuk prodi sastra dan pendidikan Bahasa Inggris. Sistem Penilaian Prodi Bahasa Inggris Persentase dari komponen-komponen itu tergantung pada kebijaksanaan dosen yang bersangkutan. Disamping itu, penilaian dibeberapa perguruan tinggi memiliki metode dan system pada konversi nilai. Metode penilaian ada dua macam yaitu metode PAN (Penilaian Acuan Normal) dan metode PAP (Penilaian Acuan Patokan). Metode penilaian mana yang dipakai,tergantung pada kondisi yang memenuhi persyaratan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...