Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM PERKULIAHAN GEOMETRI TRANSFORMASI

Ipah Muzdalipah (Unknown)
Mega Nur Prabawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2017

Abstract

Penelitian eksperimen untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis melalui pembelajaran keterampilan membaca matematika dengan pendekatan open-ended dan sikap mahasiswa terhadap pembelajaran tersebut. Populasi yang diteliti mahasiswa pendidikan matematika yang mengontrak mata kuliah geometri transformasi yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes matematika untuk mengukur kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis dan angket skala sikap. Dengan menggunakan t-test disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran keterampilan membaca matematika dengan pendekatan open-ended secara signifikan lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, sedangkan peningkatan kemampuan pemahamannya sama.  Mahasiswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran keterampilan membaca matematika dengan pendekatan open-ended.Kata kunci: Pemahaman Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika, dan Pendekatan Open-Ended

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...