Journal of Servite
Vol. 2 No. 2 (2020): Journal of Servite

Pelatihan Membuat Konten Edukatif untuk Media Sosial bagi Siswa SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh Tangerang di Masa Pandemi Covid-19

Wininda Qusnul Khotimah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Vilya Dwi Agustini (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Aprilyanti Supriyadi (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada proses pendidikan yang harus melakukan proses belajar jarak jauh. Kondisi itu memaksa para siswa lebih sering bersentuhan dengan telepon pintar dan internet, tidak terkecuali aktivitas menggunakan media sosial. Beberapa platform media sosial yang banyak digunakan siswa SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh adalah Instagram dan TikTok. Intensitas berselancar di dunia maya tersebut memerlukan literasi digital untuk memberikan pemahaman yang baik tentang bermedia sosial. Salah satunya, tentang bagaimana memanfaatkan media sosial dengan membuat konten kreatif sekaligus mengedukasi. Pelatihan ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan kaji tindak. Kegiatan dilakukan dalam jaringan (daring) menggunakan aplikasi Zoom. Para siswa diberikan penyuluhan dan pelatihan terkait literasi digital dan membuat konten edukatif. Pelatihan ini menghasilkan pemahaman dan praktik langsung membuat video edukatif melalui akun Instagram dan TikTok para siswa. Kata Kunci: media sosial, siswa, konten edukatif, literasi, covid-19

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

servite

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat. Journal of Servite khususnya berfokus pada permasalahan sebagai berikut Pemberdayaan Sumber Daya Manusia bidang Komunikasi Diseminasi ...