Journal of Biology Learning
Vol 1, No 1 (2019): March 2019

Keanekaragaman Tumbuhan Paku di Kawasan Wisata Alam Candi Muncar Wonogiri Sebagai Bahan Penyusunan Modul Pembelajaran

Sulastri Sulastri (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Tri Wiharti (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Anwari Adi Nugroho (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Kawasan Wisata Alam Pura Wonogiri Muncar memiliki beragam flora, termasuk pakis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman pakis dan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran biologi untuk SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan sistem penempatan stasiun dan plot sesuai dengan lokasi lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 21 jenis pakis (Pteridophyta), di Kawasan Wisata Alam Candi Muncar, terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas Filicinae, kelas Equisetinaceae dan kelas Lycopodiinae. Hasil validasi modul "Tumbuhan Paku (Pteridophyta)", diperoleh skor akhir dengan rata-rata 45,22 (skala 56) dengan nilai persentase 81%, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi "Tumbuhan Paku (Pteridophyta) "dinyatakan memenuhi syarat sangat baik, digunakan sebagai modul pembelajaran biologi SMA.Kata kunci: keanekaragaman pakis, modul pembelajaran biologi, kawasan wisata alam candi Muncar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jbl

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Biology Learning with registered number ISSN 2623-2243 (Print), 2623 – 1476 (Online), managed by Biology Education of Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, published by Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. This journal ...