Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Vol 20, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 20 No. 1, April 2018

Ketertarikan Siswa terhadap Bahan Bacaan

Yeni Budi Rachman (Scopus ID: 57196124340<br> H Index : 1) (Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, FIB, Universitas Indonesia, Depok, 16424, Indonesia)
Margareta Aulia Rachman (Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, FIB, Universitas Indonesia, Depok, 16424, Indonesia)
Yuliana Mukti Rachmawati (Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Depok, 16424, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi ketertarikan siswa sekolah dasar siswa kelas dua di Sekolah Dasar Negeri Anyelir 1 Depok Baru, Kota Depok, Jawa Barat terhadap bahan bacaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 2 SDN Anyelir 1 Depok Baru memiliki ketertarikan sendiri terhadap bahan bacaan. Genre bacaan yang mereka sukai meliputi kisah-kisah agama hingga cerita fiksi berbentuk komik dan novel pendek. Hasil temuan memberikan saran bahwa orang tua perlu mengenalkan variasi bacaan lain seperti koran dan memberikan pendampingan kepada anak dalam membaca komik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan (JIPK) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan yang diterbitkan oleh Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Cakupan topik meliputi: 1. Etika Profesi ...