KOMUNITAS JURNAL PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
Vol. 11 No. 2 (2020): Empowerment and Islamic Studies

MISTIFIKASI BIAS GENDER PADA IKLAN KOMERSIAL UNTUK PASAR MUSLIM DI INDONESIA

Aditya Dwi Putra Bhakti (University of Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bias gender yang terdapat dalam iklan komersial yang ditujukan untuk segmentasi pasar kaum muslim di Indonesia. Selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana bias gender tersebut terkaburkan melalui adegan-adegan yang terdapat dalam iklan, sehingga iklan tersebut tetap dapat diterima dan menarik hati audiens. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Objek penelitian yang dipilih adalah iklan Djarum, Gojek, Matahari, P&G, dan Sprite versi Ramadan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa momen Ramadan dan Idul Fitri tidak memiliki relevansi terhadap pengakomodiran kesetaraan gender di dalam iklan. Masih ada bias gender dalam iklan yang ditujukan kepada pasar kaum muslim di Indonesia. Hal tersebut terkaburkan oleh pemilihan adegan-adegan yang ada sehingga dapat diterima sebagai suatu yang biasa. Ini menunjukkan bahwa mistifikasi bias gender masih lestari dan sangat efektif digunakan untuk menarik perhatian audiens termasuk pada kaum muslim di Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

komunitas

Publisher

Subject

Religion Education Engineering Social Sciences

Description

KOMUNITAS: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam has been enlisted with p-ISSN: 2086-3357 and e-ISSN: 2540-9182 and published per semester on January-June and July-December by Department of Islamic Social Community Development of Dakwah and Communication Science of Universitas Islam Negeri Mataram ...