Jurnal Master Pariwisata (JUMPA)
Volume 03, Nomor 02, Januari 2017

PERAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA DI AREA BRANCA METIAUT, DILI

Zeferino Martins (Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana)
Syamsul Alam Paturusi (Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana)
Ida Bagus Ketut Surya (Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2017

Abstract

Aera Branca Metiaut merupakan salah satu kawasan wisata potensial di Kabupaten Dili Ibukota Timor Timur yang kaya akan keindahan alam namun tidak berkembang dengan baik untuk daya tarik wisata. Dengan demikian peran pemerintah diperlukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengembangkan daerahnya sebagai daya tarik wisata. Penelitian ini mengkaji peran pemerintah dalam pengembangan Aera Branca menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Analisis data teknis yang digunakan kualitatif-deskriptif dan analisis matriks SWOT. Studi ini menunjukkan bahwa ada faktor-faktor yang mendukung dan menghalangi dalam upaya untuk mengembangkan Area Branca Metiaut sebagai tujuan wisata. Faktor pendukung meliputi keindahan alam dari daerah dengan pantai berpasir putih yang menakjubkan. Faktor-faktor kendala termasuk kurangnya infrastruktur, sumber daya manusia, dan fasilitas pariwisata. Melalui analisis SWOT itu dipilih strategi terutama pentingnya pemerintah untuk memainkan perannya terutama dalam regulasi dan kebijakan dalam penyediaan infrastruktur dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan sadar wisata.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jumpa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

The tourism industry is an industry that can absorb many creative economic markets. The purpose of this paper is to evaluate the creative economic activities as added value that support the tourism industry. The creative economy analyzed here is the creative fashion economy, which is one of the ...