Menghadapi persaingan yang ketat saat ini, banyak perusahaan yang berorientasi pada konsumen artinya perusahaan menggunakan strategi pemasaran yang terintegrasi dengan tujuan meningkatkan kepuasan konsumen sebagai alat untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pada kolam pemancingan Wijaya di Bandungan. Populasi adalah konsumen yang sudah pernah membeli di kolam pemancingan Wijaya Bandungan Semarang. Mengingat jumlah populasi sulit diketahui dengan pasti, maka dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Accidental Purposive Sampling, diketahui jumlah sampel sebesar 96 responden. Alat analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas makanan terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, mmberikan pengertian bahwa semakin makanan yang disajikan kolam pemancingan berkualitas, maka akan semakin meningkatkan kepuasan wisatawan yang berkunjung. Kualitas pelayanani mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, memberikan pengertian bahwa semakin meningkat kualitas pelayanan yang diberikan kolam pemancingan, maka akan semakin meningkatkan kepuasan wisatawan yang berkunjung. Kualitas makanan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Hasil penelitian terbukti bahwa kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling dominan atau paling besar pengaruhnya dalam mempengaruhi kepuasan wisatawan
Copyrights © 2017