Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2018)

MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 JAKARTA TIMUR

Nawawi Nawawi (Unknown)
Indah Rahmayanti (Unknown)
Irna Tri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh antara media film animasi dengan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jakata Timur. Metode dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menulis teks persuasi. Pada kelas eksperimen diberikan materi teks persuasi dengan menggunakan media film animasi. Sedangkan pada kelas kontrol diberikan materi teks persuasi tetapi tidak menggunakan media film animasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jakarta Timur. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B dan VIII C. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa 34 setiap kelasnya. Uji normalitas setelah perlakuan menggunakan lilliefors. Hasil perhitungan diperoleh t0 (3.287) > tt (1.668) dengan taraf signifikansi5% atau α = 0.05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh media film animasi terhadap kemampuan menulis teks persuasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

imajeri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, ...