SUBULANA
Vol. 3 No. 2 (2020): Subulana March 2020

Upaya Guru dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring di MA Al-Falah Tlanakan

Jalaluddin Faruk Azhari (STIT Miftahul Ulum Bangkalan)
Moh. Ishbir (STIT Miftahul Ulum Bangkalan)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2021

Abstract

Penelitian untuk mengetahui problematika dan solusi pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring di MA al-Falah Tlanakan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif adapun untuk memperoleh data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini berupa problematika yaitu metode yang dipakai ialah qawa’id dan tarjamah, terbatasnya menggunakan media pembelajaran dikarenakan sulitnya akses media berbasis IT, penggunaan bahan ajar (buku) yang terpaku satu bahan ajar saja, dan bentuk evaluasi pembelajaran tidak maksimal dikarenakan guru tidak bisa mengontrol secara terhadap peserta didiknya. Adapun solusinya mengalih fungsikan menggunakan metode-metode lain yang membuat siswa lebih aktif meskipun penerapannya lebih banyak menggunakan metode qawa’id dan tarjamah. Menerapkan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis IT. Adapaun bahan ajar guru bisa menggunakan materi dari situs-situs berbahasa Arab yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, sedangkan evalusi guru bisa melakukan evalusai berupa tes pertanyaan dengan memanfaatkan aplikasi google classroom atau kuis online.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...