Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)

Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa

merina, MERINA (Unknown)
Imswatama, Aritsya (Unknown)
Lukman, Hamidah Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

Artikel ini membahas tentang penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan pendekatan saintifik, 2) mengetahui perbandingan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan pendekatan saintifik, 3) mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa hasil data posttest sebagai hasil pembelajaran siswa. Analisis data yang digunakan uji t dua sampel dan uji korelasi dengan taraf signifikansi É‘ = 0,05. Adapun hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik, 2) kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik, 3) adanya hubungan antara pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

peka

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) (E-ISSN: 2598-6422) menerbitkan artikel kajian ilmiah atau hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika. Adapun lingkup jurnal ini adalah : 1. Desain didaktis pembelajaran matematika 2. Media pembelajaran matematika 3. Kurikulum pendidikan matematika 4. ...