Motiva: Jurnal Psikologi
Vol 2, No 1 (2019): Mei

SCHOOL OF EMPATHY UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Libbie Annatagia . (Prodi Psikologi, Universitas Islam Indonesia, Indonesia)
Endah Puspita Sari (Prodi Psikologi, Universitas Islam Indonesia, Indonesia)
Hazhira Qudsyi . (Prodi Psikologi, Universitas Islam Indonesia, Indonesia)
Marcus Stueck . (DPFA Academy of Applied Social and Health Science, Saxony, Germany)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian intervensi School of Empathy untuk menurunkan perilaku agresi pada anak sekolah dasar. Partisipan dalam penelitian ini adalah 10 anak sekolah dasar, dengan usia antara 9-11 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu modul School of Empathy Indonesia dan behavioral check list untuk mengukur perilaku agresi. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi, yaitu menggunakan the pretest-posttest control group design (Shadish, dkk, 2002). Teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis independent sample t-test. Hasil uji beda menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan skor posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (p > 0.05). Namun demikian, hasil pengukuran effect size menunjukkan bahwa ada kontribusi dari School of Empathy terhadap penurunan perilaku agresi pada partisipan sebesar 32,5%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MV

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memuat tulisan-tulisan berupa hasil penelitian Psikologi di bidang Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Konsumen, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi ...