Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 1, No 1 (2019): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR INDUKTIF IPA KELAS IV SDN KARANG TENGAH 12 KOTA TANGERANG

Intan Pandini (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Een Unaenah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Imam Muttaqijn (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2019

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap keterampilan berfikir induktif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengertahuan Alam (IPA) materi gaya, antara siswa yang diberikan Model Pembelajaran Suggestopediadengan siswa yang diberi pengajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karang Tengah 12 yang berjumlah 112 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 56 siswa yaitu kelas IVB yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan IVA yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes keterampilan berfikir induktif berbentuk essay yang terdiri dari 10 soal yang telah valid. Untuk pengujian hipotesis pretes dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t tersebut diperoleh diperoleh thitung= -0,2 <ttabel = 2,00, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes dari hasil uji t diperoleh thitung = 7,55>ttabel = 2,00, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai postes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa keterampilan menyimak dengan menggunakan model pembelajaranSuggestopedia lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajan Suggestopedia, Keterampilan Berpikir Induktif, Metode Quasi Eksperimen

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...