cover
Contact Name
Nur Latifah
Contact Email
ijoee.umt@gmail.com
Phone
+6281585842694
Journal Mail Official
ijoee.umt@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
ISSN : -     EISSN : 27226689     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1
Core Subject : Education, Social,
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, Management of elementary education, Guidance and counseling of primary education, Psychology of elementary education as well as elementary school teacher education.
Articles 72 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU Audita Alfianti; M. Taufik; Zerri Rahman Hakim
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 2, No 1 (2020): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v1i2.2927

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran IPS berbasis video animasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Panancangan 2 dengan subjek penelitian di kelas IV dengan 20 orang siswa pada uji coba terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang telah dikembangkan oleh Sugiyono yang terdiri dari 6 tahapan yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Video animasi di validasi oleh para ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada siswa. Hasil uji validasi para ahli sebesar 79,9% dengan kriteria layak. Hasil uji coba produk sebesar 86,2% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video animasi layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS pada tema indahnya keragaman di negeriku. Kata kunci : media pembelajaran, IPS, video animasi.AbstractThis study aims to determine the feasibility and response of students to media learning based on animated video animation. This research was conducted at SDN Panancangan 2 with research subjects in class IV with 20 students on a limited trial. The research method used is a research and development method that has been developed by Sugiyono consisting of 6 stages namely problem analysis, data collection, product design, design validation, design revision, product trials. Animated videos are validated by experts namely material experts, media experts, and linguists, then the product is tested on students. The validation test results of experts amounted to 79.9% with reasonable criteria. Product trial results of 86.2% with very good criteria. Based on the results of the study it can be concluded that the video animation media is appropriate to be used in social studies learning on the beautiful theme of diversity in my country. Keywords :learning media, social sciences, animated video
PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DIKELAS IV SEKOLAH DASAR Elas Sulastri; M. Taufik; Zerri Rahman Hakim
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 2, No 1 (2020): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v1i2.2928

Abstract

AbstrakPenelitian ini berawal dari kurangnya keantusiasan siswa dalam proses pembelajaran siswa merasa cepat bosan sehingga siswa meminta bermain pada saat pembelajaran berlangsung sedangkan materi yang belum tersampaikan masih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaiman kelayakan media Quiet Book sebagai media pada pembelajaran tematik dikelas IV B dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah menggunakan media pemebelajaran Quiet Book pada pembelajaran tematik dikelas IV B. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Karundang 2 dengan subjek penelitian di kelas IV B dengan 20 siswa pada uji angket respon siswa. Hasil uji validasi oleh para ahli terhadap kualitas media Quiet Book yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan presentase sebesar 85,4%. Hasil uji angket respon siswa terhadap media Quiet Book mendapatkan kriteria sangat setuju dengan persentase sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Quiet Book pada pembelajaran tematik dapat dikatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran tematik. Kata Kunci: Media Quiet Book, Pembelajaran tematik.AbstractThis research starts from the lack of enthusiasm of students in the learning process students feel bored quickly so students ask to play while learning takes place while the material that has not been delivered is still a lot. This study aims to find out how the feasibility of Quiet Book media as a media in thematic learning in class IV B and to find out how students respond after using Quiet Book learning media in thematic learning in class IV B. This research was conducted at Karundang 2 Elementary School with research subjects in class IV B with 20 students on the student response questionnaire test. The results of the validation test by the experts on the quality of the developed Quiet Book media are included in the very feasible criteria with a percentage of 85.4%. The results of the questionnaire test students' responses to the media Quiet Book get criteria strongly agree with a percentage of 95%. Based on the results of the study it can be concluded that the Quiet Book media on thematic learning can be said to be very feasible to use in thematic learning. Keywords: Quiet Book Media, Thematic Learning
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI FAKTOR MUNCULNYA RASA KEBANGSAAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD SEMESTER GENAP DI SDN RAWAMANGUN 01 PAGI Shinta Sari; Rina Permatasari
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 2, No 2 (2020): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v2i1.3898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa menggunakan penerapan pendekatan saintifik dalam materi faktor munculnya rasa kebangsaan di Indonesia pada siswa kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi Jakarta Timur semester genap tahun pelajaran 2019/2020.Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPS yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes IPS pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I siswa yang mencapai KKM (72) sebanyak 17 siswa (60,71%), pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 23 siswa (82,14%). Untuk persentase nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 76,67% dan pada siklus II sebesar 86,67%, serta hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar IPS melalui penerapan pendekatan saintifikdapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar IPS
PENGARUH STRATEGI PRE-WRITE, ORGANIZE, WRITE, EDIT, REVISE DAN SHARE (POWERS) DALAM KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDIT BAITURRACHMAN Asih Rosnaningsih; Prismawinda Ane; Alifa HAJ
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 2, No 1 (2020): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v1i2.2933

Abstract

AbstrakKemampuan menulis adalah keterampilan menuangkan pikiran, pendapat, gagasan, dan juga perasaan dalam bentuk tulisan sehingga orang yang membaca dapat memahami isi dan pesan dapat tersampaikan dengan baik. Kemampuan menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang harus dikuasi siswa dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi POWERS terhadap kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi-Experimental design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis dalam bentuk essay. Hasil menunjukkan bahwa: (1) hasil pretest t-hitung 1,723 < t-tabel 2,001atau H0 diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan menulis diantara kelas kontrol dan kelas eksperimen, (2) hasil posttest thitung 2,622 > t-tabel 2,001 atau H1 diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan menulis diantara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan strategi POWERS. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi POWERS dapat mempengaruhi kemampuan siswa menulis essay dalam Bahasa Inggris. Kata Kunci: Startegi POWERS, Kemampuan Menulis, Pembelajaran Bahasa InggrisAbstractThe ability to write is a skill to express thoughts, opinions, ideas, and feelings in writing so that people who read can understand the contents and messages can be conveyed properly. Writing ability is a language skill that students must master well. The purpose of this study was to determine the effect of using the POWERS strategy on students' ability to write English. This research uses a quantitative approach with a Quasi-Experimental design method. The instrument used in this study was an essay writing ability test. The results show that: (1) pretest results of t-test 1.723 t-table of 2,001 or H1 are accepted that is, there are differences in writing skills between the control class and the experimental class after using the POWERS strategy. Based on these results, it can be concluded that the POWERS strategy can affect students' ability to write essays in English. Keywords: POWERS Strategy, Writing Ability, English Learning
ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH Yayah Huliatunisa; Elang Wibisana; Lensi Hariyani
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 1, No 1 (2019): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v1i1.2567

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dalam pemecahan masalah soal cerita materi operasi hitung pecahan, menggunakan 5 penjenjangan tingkat berfikir kreatif teori Siswono ; 4/sangat kreatif, 3/kreatif, 2/cukup kreatif, 1/kurang kreatif dan 0/tidak kreatif, dengan indikator berfikir kreatifnya ; lancar/fluency, luwes/flexibility, orisinil/originaly, terperinci/elaborator. Kurangnya motivasi belajar siswa berdampak rendah dan menghambat berkembangnya kemampuan berfikir kreatif, siswa cenderung pasif, tidak ingin bertanya dalam proses pembelajaran bahkan malas untuk menyelesaikan masalah secara mandiri. Solusi 1) guru hendaknya mampu menganalisis faktor penyebabnya, 2) tanamkan kepada siswa sifat untuk mampu memotivasi dirinya sendiri melalui pemberian latihan soal untuk bertujuan menggali kemampuan yang mungkin belum muncul. Kesimpulan; tingkat kreatifitas paling tinggi adalah kreatifitas tingkat 3/kreatif dengan mampu menunjukkan kefasihan, kebaruan/kefasihan dan fleksibilitas, siswa berkemampuan sedang mencapai kreatifitas tingkat 2/cukup kreatif dengan mampu menunjukkan kebaruan/fleksibilitas, sedangkan siswa berkemampuan rendah/kurang mencapai kreatifitas tingkat 1/kurang kreatif yang hanya mampu menggunakan kefasihan saja. Kata kunci : Kreatifitas, Berfikir kreatif matematis, Menyelesaikan soal.
METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Achmad Reza Eka Putra; Sa&#039;odah Sa&#039;odah; Asih Rosnaningsih
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 2, No 2 (2020): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v2i1.3888

Abstract

Penelitian ini adalah untuk menentukan perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu sosial tentang komunikasi, transportasi dan teknologi produksi antara siswa yang diberi metode pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) dan siswa yang diberikan pengajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metodologi quasi eksperimental. Populasi subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Perigi 04 yang terdiri dari 50 siswa kelas VA yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen hasil pembelajaran pada tes kemampuan ilmu sosial berupa esai yang terdiri dari 15 soal yang valid dan realible. Untuk menguji hipotesis uji t pretest yang digunakan dalam penelitian ini, dari hasil uji t diperoleh t hitung = 2,5 dan t tabel = 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen pretest. Sedangkan untuk menguji hipotesis posttest dari uji t diperoleh t hitung = 31,9 dan t tabel = 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata kelas kontrol posttest dan kelas eksperimen. Ini berarti bahwa hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran konvensional
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO SMART GEOMETRYBERBASIS EKSPEDISI BUDAYA BANTENPADA SISWA KELAS V A DI SDN COGREG 1 TANGERANG BANTEN Ghea Agatri Mawarni; Sukirwan Sukirwan; Indhira Asih V. Y
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 2, No 1 (2020): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v1i2.2929

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi oleh tidak tersedianya media pembelajaran di kelas V A SDN Cogreg 1 ya ng menunjang materi bangun ruang kubus dan balok, sehingga siswa tidak mengerti isi m a teri, m embuat siswa jenuh dan masih banyak siswa yang mendapat nilai rendah. Maka dari itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media yang dikembangkan. Subjek penelitian terdiri da ri 12 orang siswa . Alur penelitian yang digunakan sebanyak 6 tahap dengan menggunakan alur modifikasi R&D Sugiyono ( 2014:298) yakni Need Assessment, pengumpulan data, desain, validitas atau uji ahli, revisi dan uji coba produk. Hasil uji ahli materi mendapatkan nilai 83,84 % dengan kategori “Sangat layak”, uji ahli media mendapatkan nilai 89,05 % dengan kategori “Sangat layak” kemudian respon siswa mengenai penggunaan media ini mendapatkan nila i 95,55% dengan kategori “Sangat baik”. Peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya lebih banyak memuat materi matematika dan dikembangkan menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK yang a da seperti berbasis software. Kata kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Kubus dan BalokABSTRACT This research is motivated by the unavailability of instructional media in class V A SDN Cogreg 1 which supports building materials for cubes and blocks, so students do not understand the contents of the material, make students bored and there are still many students who get low grades. Therefore, the research aims to determine the feasibility of the developed media. The research subjects consisted of 12 students. The research flow used as many as 6 stages using Sugiyono's R&D modification (2014: 298) namely Need Assessment, data collection, design, validity or expert testing, product revision and trial. Material expert test results get a value of 83.84% with the category "Very feasible", the test of media experts get a value of 89.05% with the category "Very feasible" then student responses regarding the use of this media get a value of 95.55% with the category "Very good ". The researcher suggests that for further research to load more mathematical material and be developed in accordance with the development of existing science and technology such as software-based. Keywords: Development of Learning Media, Cubes and Beams
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Mawardi Mawardi; Puput Arum Puspita Sari
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 1, No 1 (2019): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v1i1.2563

Abstract

Hasil belajar yang kurang maksimal menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa yang kurang maksimal pula Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara metode pembelajaran Project-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mekarsari 1 Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain peneltian Nonequivalent Control Grup Design. Sampel penelitian ini adalah 67 siswa yang terdiri dari 36 untuk kelas eksperimen dan 31 untuk kelas control. Instrument penelitian yang digunakan sebagai tes kemampuan berpikir kritis siswa adalah 15 butir soal esay. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung sebesar 6,778 pada taraf signifikan α = 5% yang kemudian dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,028. Karena thitung > ttabel (6,778 > 2,028) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diberi model pembelajaran Project-Based Learning dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Project-Based Learning, Ilmu Pengetahuan Alam
ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SD Hasri Lebu; Dessy Wardiah; Miftha Indasari
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 2, No 1 (2020): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v1i2.2934

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V SD. Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah jawaban tes perbuatan pantun karya siswa kelas V SD. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas data dan realibilitas data. Analisis data diperoleh dari aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V SD yang menunjukkan bahwa (1)8 siwa yang mendapatkan kategori penilaian sangat baik dengan hasil persentase 30,76%, (2) 6 siswa yang mendapatkan kategori penilaian baik dengan hasil persentase 23,07%, (3) 2 siswa yang mendapatkan kategori penilaian cukup dengan hasil persentase 07,69%, (4) 6 siswa yang mendapatkan kategori penilaian kurang dengan hasil persentase 23,07%, dan (5) 4 siswa yang mendapatkan kategori penilaian gagal dengan hasil persentase 15,38%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa rata-rata nilai siswa dalam menulis pantun yaitu 70 dengan kategori baik. Kata kunci : analisis, menulis pantunAbstractThis study aims to describe aspects of the ability to write rhymes for fifth-grade elementary school students. The method used by researchers is a qualitative descriptive method. The source of the data in this study is the answer to the act of rhyme test by the fifth-grade elementary school students. Data analysis techniques used are data validity and data reliability. Data analysis was obtained from aspects of the ability to write rhymes for fifth-grade elementary school students which showed that (1) 8 students who received very good assessment categories with the percentage results of 30.76%, (2) 6 students who got good assessment categories with percentage results of 23, 07%, (3) 2 students who get enough assessment categories with percentage results 07.69%, (4) 6 students who get less assessment categories with percentage results of 23.07%, and (5) 4 students who get assessment categories failed with a percentage of 15.38%. The conclusion from this study that the average value of students in writing rhymes is 70 with a good category. Keywords: analysis, poetry writing
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA KELAS IV BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SDN KUNCIRAN 7 KOTA TANGERANG Nur Karmilah; Een Unaenah; Erdhita Oktrifianty
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 1, No 1 (2019): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v1i1.2568

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis kurikulum 2013, dan untuk mengetahui kualitas bahan ajar berdasarkan aspek kevalidan dan aspek kepraktisan. Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian dan pengembangan dengan tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan pengujian produk. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar matematika berbasis kurikulum 2013 pada materi pengumpulan dan penyajian data. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian ahli materi dan lembar penilaian ahli media untuk aspek kevalidan, serta lembar penilaian ahli pendidikan dan angket respon peserta didik untuk aspek kepraktisan. Kualitas kevalidan bahan ajar dinilai dari aspek materi mendapatkan nilai 60% yang menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan valid dengan kriteria valid dan dari aspek media mendapatkan nilai 85% yang menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan valid dengan criteria cukup valid. Kualitas kepraktisan bahan ajar berdasarkan lembar penilaian ahli pendidikan mendapatkan nilai 96% yang menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan memiliki kualitas praktis dengan kriteria sangat valid dan berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh nilai 81% yang menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan memiliki kualitas praktis dengan kriteria sangat praktis. Kata kunci :Pengembangan Bahan Ajar Matematika, Kurikulum 2013