Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education

KAJIAN LITERATUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS DI SEKOLAH DASAR

Nasriwandi Nasriwandi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Iis Aprinawati (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Astuti Astuti (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literatur tentang model pembelajaran kemampuan pemecahan masalah Matematika dengan menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur dengan menganalisis artikel yang mengkaji model pembelajaran realistic mathematics education dan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa sekolah dasar. Hasil penelitian yang dianalisis adalah terdapat 1 artikel yang membahas tentang model pembelajaran realistic mathematics education dan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa sekolah dasar. Hasil analisis model pembelajaran realistic mathematics education pada artikel ini langkah-langkahnya yaitu memahami masalah konstektual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan menarik kesimpulan. Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah Matematika indikatornya sesuai dengan pendapat ahli yaitu memahami masalah yang diberikan, merencanakan pemecahan masalah, menyelesaikan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan dan memeriksa kembali hasil yang diperolehnya (looking back).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...