Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS)
Vol. 2 No. 2 (2019): September

Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis

Intan Anggraeni (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)
Faizah (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)
Damar Septian (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk yang dihasilkan berupa modul fisika berbasis inkuiri terbimbing materi fluida dinamis tersebut layak digunakan untuk siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model four-D (4D). Ujicoba lapangan terbatas diujikan pada 10 siswa dan ujicoba lapangan secara luas diujikan pada 24 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Cirebon tahun akademik 2017/2018. Data diambil dengan teknik tes dan angket. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan untuk siswa. Berdasarkan hasil validasi skor rata-rata yang diperoleh sebesar 85,2% berdasarkan analisis perhitungan penentuan interval untuk mengetahui kelayakan modul. Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata penilaian lebih besar dari nilai minimum kelayakan (75%<skor<100%) dengan interpretasi skor memiliki keriteria sangat baik dengan keterangan kelayakan tanpa revisi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpfs

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "Journal of Physics and Science Education" (in english) is a journal that focuses on research on physics education, other science education (chemistry, biology, and Natural Science), and science (theory and application of physics, chemistry, and ...