Jurnal Insan Farmasi Indonesia
Vol 1 No 1 (2018)

GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI DEPO BPJS RSUD ULIN BANJARMASIN

Noverda Ayuchecaria (Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin)
Luluk Purwatini (RSUD Ulin Banjarmasin)
Gusti Ayu Damayanti (Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Salah satu sarana pelayanan kesehatan adalah rumah sakit. Rumah sakit dituntut memberikan pelayanan yang berkualitas guna terciptanya suatu kepuasan. Kepuasan erat kaitannya dengan pelayanan yang diharapkan dan kenyataan pelayanan yang telah diberikan. Oleh karena itu perlu adanya pengukuran kepuasan pasien untuk melihat sejauh mana pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan pasien.Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dilakukan pada bulan juli 2017, dengan memberikan lembar kuisioner kepada pasien yang berkunjung dan pernah mendapatkan pelayanan kefarmasian di depo BPJS RSUD Ulin Banjarmasin pada periode.Hasil penelitian pada 223 responden yang menerima pelayanan kefarmasian di depo BPJS RSUD Ulin Banjarmasin didapat tingkat kepuasan pada 5 dimensi terbanyak adalah kategori puas berjumlah 190 orang (85,20%), tingkat kepuasan terbanyak berikutnya adalah kategori sangat puas berjumlah 20 orang (8,97%), dan tingkat kepuasan paling sedikit adalah kategori tidak puas berjumlah  13 orang (5,83%). Hasil penelitian menunjukan dimensi dengan skor kepuasan tertinggi adalah aspek Tangibles yaitu 930 (69,50%). Hasil tingkat kepuasan semua dimensi berada pada kategori puas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIFI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Physics

Description

Focus and Scope Jurnal Insan Farmasi Indonesia (JIFI) is a broad-based primary journal covering all branches of pharmacy and its sub-disciplines that contains complete research articles, short communication and review articles. JIFI is a forum for the publication of quality and original works that ...