DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 3, No 1 (2019): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN Jumputrejo Melalui Metode Blanded Lerning dengan Aplikasi Whatsapp

Machfud Machfud (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

AbstractEvaluation of learning outcomes turns out to be quite disappointing. There are 23 out of 28 students or 78.5% failed the mastery learning. To overcome these problems, the teacher tries to use the blended learning method with the WhatsApp group application. The research aims to describe the application of the blended learning method with the WhatsApp application. It uses an action research model carried out at SDN Jumputrejo in second semester in the academic year 2016/2017 in mathematics subject of matter fractions. The results shows that the use of blended learning with WhatsApp group application increases student learning outcomes from 36% in the pre-cycle to 57.14% in first cycle and 85.7% in second cycle. The use of the blended learning method with WhatsApp group application also allows students to study and discuss longer without being bound by time and spaceKeywords: mathematics learning outcomes, blended learningAbstrakEvaluasi hasil belajar ternyata hasilnya cukup mengecewakan, ada 23 siswa dari 28 siswa belumtuntas belajar atau 78,5% siswa belum tuntas belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru mencoba untuk menggunakan metode blended learning dengan aplikasi whatsapp group. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan metode blanded learning dengan aplikasi whatsapp. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dilaksanakan di SDN Jumputrejo pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa penggunaan blended learning dengan aplikasi whatsapp group dapat meningkatkan hasil belajar siswadari 36% pada pra siklus menjadi 57,14% pada siklus 1 dan 85,7% pada siklus 2. Penggunaan metode blended learning dengan aplikasi whatsapp group juga memungkinkan siswa untuk belajar dan berdiskusi lebih lama tanpa terikat ruang dan waktuKata Kunci : hasil belajar matematika, blended learning

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...