Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Vol 17, No 2 (2020): JMK EDISI DESEMBER 2020

LOYALITAS MAHASISWA: DAMPAK PERSEPSI BAURAN KOMUNIKASI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI

Heru Mulyanto (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Agnes Ashanti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Meli Andriyani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Arief Teguh Nugroho (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi bauran komunikasi (penyerapan informasi mahasiswa atas iklan, promosi penjualan, personal selling dan publisitas yang dilakukan perguruan tinggi) terhadap proses keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi serta dampaknya pada loyalitas mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 130 responden yaitu mahasiswa yang ada di wilayah Bekasi. Structural Equation Modelling (SEM) digunakan sebagai alat analisis menggunakan AMOS 23. Penelitian menghasilkan temuan bahwa penyerapan informasi atas bauran komunikasi berpengaruh terhadap proses keputusan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi dan berdampak pada loyalitas mahasiswa di wilayah Bekasi. Penyerapan informasi promosi penjualan dan publisitas berpengaruh positif terhadap proses keputusan memilih perguruan tinggi. Penyerapan informasi iklan dan personal selling tidak berpegaruh terhadap proses keputusan memilih perguruan tinggi. Proses keputusan memilih perguruan tinggi berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa.Kata kunci: Bauran Komunikasi; Iklan; Promosi Penjualan; Personal Selling; Publisitas; Proses Keputusan; Loyalitas

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, ...