Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019

KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ONLINE

Muh Ali Maskuri (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Ergo Nurpatria Kurniawan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Mursida Kusuma Wardani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Meli Andriyani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Berkembangnya teknologi internet dan meningkatnya pengguna internet, membuat kegiatan perdaganganpun mulai mengalami perkembangan. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan internet untuk melakukan promosi dan melakukan perdagangan, bisnis baru dalam dunia digital ini disebut dengan perdagangan elektronik (e-commerce). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan electronic word of mouth terhadap minat beli online Tokopedia. Sampel dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah melakukan belanja online di Tokopedia atau situs belanja online lain. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang yang dipilih menggunakan nonprobabilility sampling melalui kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi linier sederhana dengan alat bantu software komputer SPSS 22. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah Electronic Word Of Mouth (E_WOM) (0,521), diikuti oleh kepercayaan konsumen (0,421) dan yang terahir adalah kemudahan penggunaan (0,209). Hasil menunjukan bahwa variabel kepercayaan, kemudahan penggunaan dan electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap minat beli online pada situs Tokopedia. Kata kunci: kepercayaan, kemudahan penggunaan, electronic word of mouth dan minat beli.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, ...