Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 10 No 1 (2021)

Pengembangan Planteogram (Plantae on Instagram) Angiospermae sebagai Sumber Belajar

Salsabila, Nada Tsaniya (Unknown)
Wisanti, Wisanti (Unknown)
Bashri, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Instagram merupakan media yang digunakan untuk berbagi foto dan tanggapan dengan berbagai fitur yang tersedia. Foto termasuk sumber belajar visual yang digunakan untuk menggambarkan dan mengomunikasikan suatu ide. Planteogram (Plantae on Instagram) menggunakan Instagram sebagai sumber belajar yang berisi foto perawakan, batang, daun, bunga dan buah jika ada dengan dilengkapi nama ilmiah, nama lokal, dan ciri karakteristik tumbuhan angiospermae. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Planteogram “Angiospermae” sebagai sumber belajar yang layak secara teoretis dan empiris. Kelayakan teoretis diperoleh berdasarkan hasil validasi oleh tiga dosen Jurusan Biologi Unesa dan kelayakan empiris diperoleh berdasarkan respons enam guru SMA. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan instruksional Fenrich yang terdiri dari analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi dan revisi di setiap tahapnya. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan angket respons guru. Lembar validasi mencakup penilaian aspek kelayakan penyajian, kelayakan isi, dan kelayakan bahasa sedangkan angket respons guru terdiri dari 25 butir pernyataan terkait aspek keterbacaan, penyajian dan isi dari Planteogram “Angiospermae”. Parameter pada penelitian ini mencakup hasil validasi dan respons guru yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan kelayakan teoretis menunjukkan validitas Planteogram “Angiospermae” sebesar 3,67 dengan interpretasi sangat valid. Kelayakan empiris berdasarkan respons positif guru mendapatkan persentase sebesar 98% dengan interpretasi sangat layak. Dengan demikian penelitian pengembangan ini menghasilkan Planteogram “Angiospermae” dengan nama akun Planteogram_ yang layak secara teoretis dan empiris.sebagai sumber belajar keanekaragaman tumbuhan angiospermae. Kata Kunci: Planteogram, Sumber Belajar, Angiospermae

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...