Jurnal Kesmas Jambi
Vol. 4 No. 1 (2020): Vol. 4 - No. 1 - Maret 2020

Hubungan Strategi Pemasaran Dengan Preferensi Pasien Poliklinik Anak di Rumah Sakit X Medan

Nisrina Nisrina (Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan)
Destanul Aulia (Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan)
Lita Andayani (Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2020

Abstract

Pelayanan yang ditawarkan di rumah sakit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pilihan pasien. Pelayanan poliklinik anak dengan dokter spesialis anak yang terpercaya merupakan daya tarik rumah sakit bagi pasien. Selain itu, pada survey didapati bahwa pasien cenderung memilih rumah sakit karena saran keluarga, kebiasaan di lingkungannya serta kualitas pelayanan kesehatan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan strategi pemasaran dengan preferensi pasien Poliklinik Anak di Rumah Sakit X Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan melakukan survey analitik (explanatory study) menggunakan pendekatan potong lintang (cross sectional). Penelitian dilakukan di Poliklinik Anak Rumah Sakit X dari bulan Maret 2019 sampai dengan bulan Mei 2019 dengan sampel sebesar 65 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis Chi Square. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel produk (p value=0,001), dan promosi (p value=0,001) memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel preferensi pasien di Poliklinik Anak Rumah Sakit X, Pihak rumah sakit disarankan untuk memberikan perhatian pada beberapa unsur kualitas produk pelayanan dan memaksimalkan promosi untuk memperkenalkan layanan kesehatan poliklinik anak.Kata kunci: Preferensi pasien, Strategi pemasaran, Poliklinik anak

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkmj

Publisher

Subject

Environmental Science Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal kesmas Jambi (JKMJ) merupakan jurnal yang nantinya diterbitkan dua kali setahun, dengan topik keilmuan kesehatan masyarakat. Pengelola JKMJ adalah Prodi Kesmas FKM Universitas Jambi. Diharapkan dengan adanya JKMJ ini menjadi sarana publikasi keilmuan kesehatan masyarakat terbaik di Provinsi ...