Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 2, No 2 (2020): Vol 2, Nomor 2, BIOEDUCA: Journal of Biology Education

ANALISIS PERMASALAHAN GURU DAN SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN GRAPHIC ORGANIZER DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR

Sumartijah, Sumartijah (Unknown)
Maasawet, Elsje Theodora (Unknown)
Boleng, Didimus Tanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2020

Abstract

Fungsi pendidikan adalah menyiapkan peserta didik melalui proses yang berlangsung sebelum peserta didik itu siap bekerja di kehidupan nyata. Tujuan penelitian adalah mengetahui permasalahan guru dan siswa pada model pembelajaran Graphic Organizer terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X berjumlah 60 orang. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Samarinda. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil angket yang dilakukan terhadap siswa siswi menunjukkan bahwa 50,00% masih kurang dalam berpikir kreatif pada saat proses pembelaran biologi di kelas. Sedangkan 60,00% hasil belajar siswa masih dibawah rata-rata, Perangkat pembelajaran yang dimiliki kurang lengkap.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...