JURNAL INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi)
Vol 6 No 1 (2021)

PENERAPAN METODE CREATIVE LEARNING CYCLE PADA PEMBELAJARAN PEMROGRMAN BAGI SISWA SMP

DIAN ANGGRAINI (Universitas Pendidikan Indonesia)
ASYIFA IMANDA SEPTIANA (Universitas Pendidikan Indonesia)
INDIRA SYAWANODYA (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Pelajaran pemrograman semestinya sudah diajarkan sejak dini. Untuk dapat mengajarkan pemrograman kepada siswa dibutuhkan usaha yang besar agar dapat diterima dan membuat siswa tertarik untuk mempelajari pemrograman. Pada penelitian ini, kami menyajikan model pembelajaran creative learning cycle untuk mendukung siswa dalam pembelajaran pemrograman. Model Creative Learning Cycle memiliki lima tahapan yang meliputi imagine, create, play, share, dan reflect, masing masing tahapan dapat membantu siswa dalam mengembangkan ide pemikiran yang kreatif dalam pemecahan masalah dan mampu memberikan solusi dari permasalahan tersebut sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pemrograman. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa 76% siswa menyukai pembelajaran pemrograman, 71% siswa berpikir pemrograman mudah dimengerti dan 74% siswa bahkan ingin belajar pemrograman lebih lanjut. Kata Kunci: Creative Learning Cycle, Metode Pembelajaran, Pemrograman 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

instek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

The Scope topics include, but are not limited to : Agent System and Multi-Agent Systems Analysis & Design of Information System Artificial Intelligence Big Data and Data Mining Cloud & Grid Computing Computer Vision Cryptography Decision Support System DNA Computing E-Government E-Business ...