Instansi Pendidikan sebagai Learning Organization dituntut untuk memiliki kemampuan didalam mendapatkan, menciptakan dan mentransfer pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta menggunakannya untuk mendukung dalam pengambilan keputusan. Keberhasilan penerapan TIK tidak hanya dilihat dari teknologi yang digunakan tetapi harus memperhatikan komponen sistem yang lain. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan model Knowledge Management System (KMS) diĀ Program Studi Sistem Informasi Kelautan dengan menerapkan lima elemen subsistem yaitu organisasi, Tim Knowledge Management(KM), Proses KM, Teknologi KM dan Artefak Pengetahuan. Penerapan elemen Organisasi menghasilkan visi, misi, strategi dan tujuan, elemen Tim KM menghasilkan knowledge worker yang terdiri dari Ketua Kelompok Bidang Keahlian, Koordinator matakuliah, Ketua Program Studi, Staf IT, Dosen, mahasiswa dan Instansi di luar lingkup Program Studi yang mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, elemen proses KM melibatkan aktivitas pembelajaran, penelitian yang mendukung social ecological system dan pengabdian pada masyarakat yang berpusat pada logic ecological knowledge, serta peningkatan kompetensi yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Elemen Teknologi KM menghasilkan aplikasi sistem manajemen pengetahuan (ASMAPE) dan Elemen artefak pengetahuan menghasilkan pengetahuan eksplisit dari knowledge worker, pengetahuan tersebut terdiri dari domain Sistem Informasi, Perikanan, Sistem Informasi Geografis, Penginderaan Jauh Kelautan dan Ilmu Kelautan.
Copyrights © 2020