Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK)
Vol 2, No 4 (2020): JKK

Pengaruh Ice Breaking terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa

Adnan, Adnan (Unknown)
Mislinawat, Mislinawati (Unknown)
Sahilni, Sahilni (Unknown)
M. Husin, M. Husin (Unknown)
Kurniawati, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Ice breaking merupakan suatu kegiatan yang sederhana, ringan, dan ringkas yang berfungsi mengubah suasana kebekuan, kekakuan, rasa bosan atau mengantuk dalam pembelajaran. Dengan adanya ice breaking dapat membangun suasana belajar menjadi  semangat, santai dan antusias. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN 1 Simpang Ulim Aceh Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, jenis penelitian True Eksperimen dan bentuk desainnya Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kognitif. Analisis data menggunakan uji hipotesis uji-t. Berdasarkan hasil rata-rata tes akhir siswa kelas eksperimen yaitu 80,1 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 73,75. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Secara perhitungan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t berdasarkan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan daftar distribusi t dengan 𝑡(1−𝛼)(𝑑𝑘) = 𝑡(1−0,05)(46) = 𝑡(0,95)(46)= 1,67 sedangkan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,80 jadi, 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 . Maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima dengan demikian hipoesis dalam penelitian ini menyatakan “terdapat pengaruh yang signifikan ice breaking terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SD Negeri 1 Simpang Ulim”, dapat diterima. Oleh karena itu disarankan kepada setiap guru untuk melaksanakan ice breaking dalam pembelajaran sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran aktif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Kinerja Kependidikan (JKK) will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal ...