Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK)
Vol 2, No 3 (2020): JKK

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Selimeum melalui Penerapan Pendekatan CTL dengan Model PASA pada Materi Peradaban di Kepulauan Indonesia.

Misra, Misra (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2020

Abstract

Kelemahan dalam memberikan informasi kepada siswa seringkali terjadi pada saat pelaksanaan proses pembelajaran. Seharusnya melalui proses pembelajaran siswa dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan atau sikap baru melalui interaksi dengan informasi dan lingkungan. Penelitian yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Selimeum melalui Penerapan Pendekatan CTL dengan Model PASA pada Materi Peradaban di Kepulauan Indonesia” ini mengangkat masalah apakah melalui penerapan pendekatan CTL dengan model PASA dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar, dan Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan ctl dengan model PASA pada materi peradaban di kepulauan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian terdiri dari tempat, waktu penelitian dan siklus PTK, yang menjadi subjek penelitian ialah siswa kelas X IPS1 yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan CTL dengan model PASA tersebut dilakukan observasi terhadap keaktifan siswa, dan tanggapan siswa dari angket. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa mencapai katagori baik berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Dari tes evaluasi awal diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 57,7 dan ketuntasan kelas 0%, pada hasil ulangan harian siklus pertama nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu 68,7 dan ketuntasan kelas 53,8 %, pada siklus kedua nilai rata-rata kelas 76,6 dan ketuntasan kelas 92,3 %. Dari hasil angket tanggapan siswa diperoleh 91,91% siswa yang memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pendekatan CTL dengan model PASA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dengan model PASA pada peradaban di kepulauan Indonesia di kelas X IPS1 SMAN 1 Selimeum dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tanggapan siswa sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Kinerja Kependidikan (JKK) will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal ...