Jurnal Manajemen Dayasaing
Vol 19, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing

PENGARUH KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG OBJEK WISATA AIR “OWABONG” PURBALINGGA

Ahmadia, Eru (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  keunggulankompetitif dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung serta dampakselanjutnya terhadap loyalitas pengunjung.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkausal, dengan menggunakan metode survei.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhpengunjung Obyek Wisata Air “Owabong” di Kabupaten Purbalingga.Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 100 orang responden.Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik convenience sampling.Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumen.Teknik analisis data dilakukandengan menggunakan analisis jalur (path analysis).Berdasarkan hasil analisis, penelitianmenyimpulkan bahwa:Keunggulan kompetitif  dan kualitas pelayanan berpengaruhpositif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung baik secara parsial maupun secarasimultan;Kepuasan pengunjungberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitaspengunjung; Keunggulan kompetitif dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh secaralangsung terhadap loyalitas pengunjung;dan Ada pengaruh tidak langsung keunggulan kompetitif dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Dayasaing is a media of scientific papers on economics and business management, human resource management, financial management, marketing management, operations management, hospital management, Islamic economics, and sharia ...