SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya
Vol 21 No 2 (2019): SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya

INTERAKSI DAN ASIMILISI MASYARAKAT KETURUNAN TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT PRIBUMI (Studi pada Masyarakat Keturunan Tionghoa di Kelurahan Tanjungkarang Pusat Bandar Lampung)

Suwarno , (Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung)
Abdulsyani , (Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung)
Pairulsyah , (Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung)
Damar Wibisono (Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat intensitas interaksi sosial masyarakat keturunan Tionghoa; (3) Untuk mengetahui sikap dan prilaku masyarakat keturunan Tionghoa terhadap proses asimilasi dengan masyarakat pribumi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa intensitas interaksi sosial masyarakat keturunan Tionghoa dengan masyarakat pribumi berada pada tingkatan yang sedang-sedang saja. Hal ini ditunjukkan dengan hubungan inteaksi sosial yang terjadi hanya berdasarkan kepentingan bisnis dan di dalam pergaulan sehari-hari menempatkan masyarakat pribumi lebih rendah dibandingkan dengan masyarakat keturunan Tionghoa. Begitu pula dengan prilaku asimilasi, terdapat kecenderungan bahwa proses ini berlum dapat berjalan maksimal dan masih berada pada taraf yang rendah. Gejala ini ditunjukkan dengan tidak ditemukannya amalgamasi dalam keluarga keturunan Tionghoa serta akulturasi yang masih sangat rendah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Arts Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

SOSIOLOGI merupakan Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya. Diterbitkan dua kali dalam satu tahun oleh Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung berisikan makalah ilmiah dan hasil-hasil Penelitian. Terbit pertama kali pada tahun 1999 dan telah memiliki p-ISSN ...