Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 3 (2019)

Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Kecakapan Matematis Pada Materi Bangun Ruang

Masta Hutajulu (IKIP Siliwangi)
Eka Senjayawati (IKIP Siliwangi)
Eva Dwi Minarti (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2019

Abstract

AbstrakLatar belakang penelitian ini adalah siswa SMK membutuhkan suatu keahlian, kemampuan atau kecakapan untuk mengaplikasikan setiap kompetensi termasuk kecakapan matematis dalam dunia kerja. Kecakapan matematis dinilai sangat penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas dirinya. Tujuan penelitian ini untuk melihat hasil analisis kesalahan siswa SMK dalam menyelesaikan soal kecakapan matematis pada materi bangun ruang. Subyek yang digunakan adalah 5 orang siswa kelas XII di SMK TI Pembangunan Cimahi. Bentuk pengambilan data yaitu pemberian soal tes dengan indikator berbeda pada setiap butir soal. Penelitian ini merupakan sebuah studi pendahuluan. Dari rekapitulasi perhitungan yang telah dilakukan, didapat bahwa persentase kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yakni 80 % pada indikator adaptive reasoning (penalaran adaptif), dimana siswa masih melakukan kesalahan dilihat dari aspek konseptual sebesar 30%, aspek prosedural juga 30% serta aspek teknik 20%. Sedangkan persentase kesalahan yang paling sedikit dilakukan siswa yakni 20 % pada indikator procedural fluency (kelancaran prosedural), dimana siswa tidak melakukan kesalahan dilihat dari aspek konseptual, tetapi pada aspek prosedural melakukan kesalahan 10% serta aspek teknik juga 10%.Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Kecakapan Matematis, Bangun Ruang. Error Analysis of Vocational High School Students in Resolving Mathematical Proficiency Problems on Three-Dimensional Geometry AbstractThe purpose of this study was analyzing the answers of Vocational students on a mathematical proficiency test in three-dimensional geometry. The subjects of this study were 12th-grade students in SMK TI Pembangunan Cimahi. The data obtained from giving a test with indicators of students' mathematical proficiency that is different in each item question. This is a preliminary study. Based on the recapitulation of the results in the analysis and calculations that have been made, it was found that the most percentage of errors made by students is 80% on adaptive reasoning indicators, where students still make mistakes seen from conceptual aspects by 30%, procedural aspects also 30% and technical aspects 20%. While the least percentage of errors is 20% on procedural fluency indicators, where students do not make mistakes on conceptual aspects, but on procedural aspects and technical aspects make mistakes of 10%.Keyword: Error Analysis, Mathematical Proficiency, Three-dimensional Geometry.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...