Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DAN APLIKASI GEOGEBRA

Navel Oktaviandy Mangelep (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran menggunakan pendekatan PMRI dan Aplikasi Geogebgra yang valid dan praktis serta untuk mengetahui efek potensial perangkat tersebut terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh prototipe perangkat pembelajaran, rancangan pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, dan soal tes hasil belajar yang valid dan praktis. Kevalidan dipenuhi secara kualitatif oleh para validator. Sedangkan, kepraktisan ditunjukkan oleh para ahli/praktisi telah menyatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan pada siswa SMP, selain itu sesuai pelaksanaan pada tahap one to one dan small group, semua siswa dapat menggunakan perangkat pembelajaran dengan baik. Dari pengamatan aktifitas belajar siswa, hasil jawaban siswa, terlihat bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki efek potensial untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Selain itu dari hasil wawancara pada tahap field test, sebagian besar siswa mengatakan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan aplikasi geogebra untuk pokok bahasan lingkaran yang diberikan menarik, dan dapat memacu semangat dalam belajar matematika.Kata Kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan PMRI, GeoGebra.AbstractThis study aims to produce the learning of mathematics on the subject of the circle using PMRI approach and Applications Geogebgra valid and practical as well as to determine the potential effects of such devices on student learning outcomes. Based on the results obtained by the prototype development of learning tools, design implementation of learning, student worksheets, and learning about the test results are valid and practical. Validity fulfilled qualitatively by the validator. Meanwhile, practicality demonstrated by experts / practitioners have expressed learning tools developed can be applied to the junior high school students, in addition to the appropriate implementation of phase one to one and small group, all students can use learning device properly. From observations of student learning activities, the results of students' answers, it appears that the learning device developed has potential effect to improve student math skills. Besides of interviews on the field test stage, most students said that learning device by using GeoGebra application for a given subject interesting circle, and may spur enthusiasm in learning mathematicsKeyword: development, learning materials, PMRI approach, GeoGebra.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...