Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 3, No 1 (2019)

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SYMBOLIC MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI 14 KENDARI

Juita, Juita (Unknown)
Aspin, Aspin (Unknown)
Arifyanto, Alber Tigor (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik symbolic modelling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre ekperimen dengan desain one grup pre-test and post-test. Data dikumpulkan menggunakan angket kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari mengalami peningkatan sebesar 10,5% setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok menggunakan  teknik symbolic modelling. Hasil uji hipotesis  dengan menggunakan wicoxon signed rank dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,012. Pvalue < α (0,012 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik symbolic modelling dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Layanan Bimbingan Kelompok, Symboli Modelling.   

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...