JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Tuna Netra

Fitria Sarnita (STKIP Taman Siswa Bima)
Ainun Fitriani (STKIP Taman Siswa Bima)
Widia Widia (MA Alfalah)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis STEM dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan memberikan pemahaman sekaligus melatih keterampilan berikir kreatif siswa tuna netra. Selain dari itu mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang abstrak kepada siswa tuna netra. Penelitian ini menggunakan penelitian R &D (Research and Development). Instrumen yang diguakan dalam penelitian ini adalah Lembar keterlaksanaan RPP, Lembar Pegamatan Aktivitas Siswa, Lembar Respon siswa, Soal berfikir Kreatif siswa tuna netra. Hasil Analisis Validasi validasi RPP berada pada skala 3,307 dengan kategori valid, LKS berada pada skala 3,5 dengan kategori valid, lembar pengamatan aktivitas siswa berada pada skala 3,3 dengan kategori valid, lembar respon siswa berada pada skala 3,5 dengan kategori valid, sedangkan untuk soal berpikir kreatif berada pada skala 3,6 dengan kategori sangat valid.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...