JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 10 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Efektifitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru SD

Suriya Ningsyih (STKIP Taman Siswa Bima)
Syahriani Yulianci (STKIP Taman Siswa Bima)
Adi Apriadi Adiansha (STKIP Taman Siswa Bima)
Nurjumiati Nurjumiati (STKIP Taman Siswa Bima)
Asriyadin Asriyadin (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Abstrak : Penelitian ini fokus untuk menguji efektifitas dari media pembelajaran IPA berbasis masalah dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru SD yang bertujuan untuk melatih mahasiswa calon guru meningkatkan krativitas dalam mengajar pembelajaran IPA. Desain penelitian ini menggunakan One Shot Case Study yang dilaksanakan pada mahasiswa calon guru SD STKIP Taman Siswa Bima yang menempuh matakuliah pembelajaran IPA SD kelas lanjut. Hasil karya mahasiswa diobservasi sebagai hasil berpikir kreatif mahasiswa dalam mendasain media pembelajaran IPA berbasis masalah. Instrumen yang dugunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi menggunakan skala Penyekoran Holistik. Hasil Analisis data diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84 % dengan kategori sangat kreatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...