ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol 3, No 02 (2020): Juli 2020

Sosialiasi Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Hulu Bantaran Sungai Citarum

Ikhsan Fuady (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran Jl. Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Sumedang 45363 - Indonesia)
Ditha Prasanti (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran Jl. Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Sumedang 45363 - Indonesia)
Sri Seti Indriani (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran Jl. Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Sumedang 45363 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2020

Abstract

Pencemaran aliran sungai citarum, memiliki dampak terhadap kesehatan masayarakat yang tinggal di bantaran Sungai Citarum. Pemahaman dan sikap masyarakat tentang pola hidup sehat pada masyarakat yang terkategori rendah, memiliki konsekuensi atau dampak terhadap kesehatan masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan peningkatan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat di bantaran Sungai Citarum. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini adalah penyuluhan dan dalam diskusi. Informasi merupakan salah satu dari kekuatan yang dapat mempengaruhi sebuah persepsi, sistem kepercayaan atau sikap individu. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pengetahuan dan sikap masyarakat di bantaran Sungai Citarum dalam perilaku hidup dan sehat meningkat dengan kegiatan sosialisasi ataupun edukasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdimoestopo

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

ABDI MOESTOPO an open source journal, published by the Institute for Research and Community Service (LPPM), University of Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta to accommodate the results of research and community service activities carried out by researchers from various universities / research ...