The Innovation of Social Studies Journal
Vol 1, No 2 (2020): The Innovation of Social Studies Journal, March 2020

The Utilization of Tourism Education Packages in Amanah Borneo Park as a Learning Resources on Social Studies

Noerkhalishah Noerkhalishah (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Ersis Warmansyah Abbas (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Melly Agustina Permatasari (Economics Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Destinasi Wisata, sebagai tempat untuk rekreasi, dapat dijadikan sebagai wahana edukasi. Destinasi wisata Amanah Borneo Park di Kota Banjarbaru menjadikan destinasi wisata tersebut sebagai wahana edukasi dengan paket edukasi. Paket wisata edukasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar Pendidikan IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas paket wisata edukasi Amanah Borneo Park sebagai sumber pembelajaran IPS menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data melalui triangulasi (sumber, teknik, dan waktu), perpanjangan pengamatan, menggunakan bahan referensi, dan member cek. Simpulan penelitian adalah aktivitas paket wisata edukasi Amanah Borneo Park dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS yang bersifat kontekstual dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran sehingga mereka antusias mengikuti pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

iis

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus to provide new perspectives on the innovation of social studies in the research approach, learning media, learning resources, learning models and other related Social ...